Meningkatkan Page RPM Halaman Wesite/Blog

 


Apa itu Page RPM dalam iklan online?

Page RPM Halaman (“Pendapatan Per Seribu”) digunakan untuk menghitung taksiran penghasilan per seribu tampilan halaman di situs web. 

Untuk menghitungnya, Anda perlu membagi total taksiran penghasilan dengan total tampilan halaman selama jangka waktu tertentu, dan dikalikan dengan 1000.

Page RPM = (Estimated earnings / Number of pageviews) * 1000

Karena ini adalah metrik tingkat halaman, pengukuran ini dapat membantu dalam mengukur dampak dari upaya pengoptimalan Anda yang lebih luas, seperti pengujian A/B, penyegaran iklan, pemuatan lambat, dengan cara yang sama seperti metrik tingkat unit iklan, seperti RPM Tayangan dan RPM Permintaan Iklan (dijelaskan nanti) tidak bisa.

Di mana menemukan RPM Halaman

Di AdSense, Anda dapat menavigasi ke tab 'Laporan' untuk melihat RPM Halaman.

Namun, karena AdSense mengukur tampilan halaman dengan menghitung berapa kali kode AdSense diaktifkan pada halaman, metrik mungkin sedikit berbeda jika Anda memperhitungkan halaman yang tidak memiliki kode, tidak diaktifkan karena konflik, atau diblokir oleh skrip pemblokiran iklan.

Untuk pemantauan harian, Anda dapat menggunakan metrik yang disediakan oleh AdSense, tetapi untuk mendapatkan True Page RPM, Anda harus mendapatkan data tampilan halaman dari Google Analytics dan melakukan perhitungan sendiri.

Google Ad Manager tidak menyediakan PPS Laman sebagai metrik dalam laporannya, namun, Anda cukup menggunakan rumus di atas untuk menghitung RPM Laman Sejati. Hal penting yang perlu diperhatikan di sini adalah jangan pernah membandingkan True Page RPM (yang Anda hitung sendiri) dari satu sumber pendapatan dengan RPM Halaman di AdSense, karena jumlahnya mungkin jauh, menjadikannya perbandingan yang salah.

Sebelum melanjutkan dengan RPM Laman, mari tinjau dua metrik tingkat unit iklan yang juga sering digunakan dalam pelaporan pendapatan: RPM Tayangan dan RPM Permintaan Iklan.

Apa itu RPM Tayangan?

RPM tayangan dihitung dengan membagi taksiran penghasilan Anda dengan jumlah tayangan (iklan yang telah dirender dan ditampilkan), dikalikan 1.000.

Impression RPM = (Estimated earnings / Impressions) * 1000

RPM tayangan adalah ukuran berapa banyak Anda dibayar untuk setiap tayangan yang Anda layani. Ini bisa menjadi metrik yang berguna untuk menjalankan eksperimen di mana Anda perlu membuat perbandingan suka-suka, misalnya, saat Anda menjalankan pengujian terpisah untuk melihat mana dari dua partner permintaan yang Anda uji yang menghasilkan hasil yang lebih baik untuk inventaris Anda .

Namun, hanya mengandalkan RPM Tayangan tidak memberi Anda gambaran lengkap tentang kue pendapatan. Misalnya, katakanlah Anda memutuskan untuk menghapus unit iklan yang paling tidak berharga dari inventaris Anda, meskipun hal ini dapat meningkatkan RPM Tayangan, hal itu akan menurunkan pendapatan Anda secara keseluruhan.

Apa itu RPM Permintaan Iklan?

PPS permintaan iklan dihitung dengan membagi taksiran penghasilan Anda dengan jumlah permintaan iklan yang dihasilkan dari inventaris Anda, dikalikan 1.000.

Ad request RPM = (Estimated earnings / Number of ad requests) * 1000

PPS permintaan iklan adalah ukuran berapa banyak pendapatan yang Anda hasilkan dari setiap seribu permintaan iklan yang dihasilkan dari inventaris Anda. Tidak seperti tayangan, permintaan iklan dapat dan memang tidak terisi, yang berarti bahwa RPM Permintaan Iklan memperhitungkan rasio pengisian dan cakupan.

Sebagai metrik, metrik ini dapat digunakan untuk melacak pertumbuhan permintaan iklan yang dihasilkan dari inventaris Anda dari waktu ke waktu. Penurunan RPM Permintaan Iklan yang tiba-tiba dapat menunjukkan masalah teknis/skrip yang mencegah permintaan iklan dibuat atau rasio pengisian yang lebih rendah dari penurunan permintaan pengiklan.

Cara meningkatkan RPM Halaman

Karena RPM Halaman hanya mengukur taksiran pendapatan yang dihasilkan per tampilan halaman, salah satu cara untuk meningkatkan RPM Halaman adalah dengan meningkatkan kepadatan iklan, yaitu jumlah rata-rata unit iklan per halaman.

Namun, ini bukan cara terbaik.

Faktanya, ini adalah salah satu masalah dengan menggunakan RPM Halaman sebagai metrik kinerja utama—ini tidak memberikan indikasi apa pun tentang bagaimana pengalaman pengguna memengaruhi pendapatan secara keseluruhan.

Untuk mengoptimalkan RPM Halaman, Anda perlu menyajikan lebih banyak tayangan per tampilan halaman atau meningkatkan berapa banyak Anda dibayar per tayangan, idealnya keduanya. Untuk meningkatkan tayangan per halaman, Anda dapat mencoba:

Untuk meningkatkan hasil per tayangan, Anda dapat mencoba:

  • Menjalankan lelang yang lebih efisien dengan penawaran tajuk atau Bidding Terbuka
  • Meningkatkan persaingan dengan menambahkan mitra permintaan baru
  • Meningkatkan skor keterlihatan iklan inventaris Anda
  • Menguji dan menggunakan harga minimum yang optimal untuk inventaris Anda

Mengapa RPM Sesi adalah metrik yang lebih baik

Sesi RPM, juga dikenal sebagai EPMV (penghasilan per seribu pengunjung), menghitung pendapatan yang dihasilkan dari seribu pengunjung/sesi di situs web.

Session RPM = (Total earnings / Sessions) * 1000

Dengan menghubungkan pendapatan langsung ke pengunjung, RPM Sesi memungkinkan penayang memahami sepenuhnya dampak pengalaman pengguna terhadap pendapatan. Oleh karena itu, metrik ini lebih berguna dibandingkan dengan RPM Halaman atau metrik tingkat unit iklan lainnya seperti RPM Tayangan atau RPM Permintaan Iklan.

Perhatikan contoh ini: Katakanlah penayang memiliki RPM Halaman sebesar $6 dan memutuskan untuk menambahkan lebih banyak unit iklan pada halaman dengan lalu lintas paling tinggi. Segera, RPM Halaman meningkat hingga $8. Namun, RPM Halaman tidak memperhitungkan bahwa karena dampak negatif pada pengalaman pengguna, tampilan halaman rata-rata per sesi turun dari 4 menjadi 2. Dalam kasus ini, meskipun RPM Halaman meningkat, RPM Sesi menurun dari $24 menjadi $16, dan pendapatan keseluruhan turun 33%.

Jangan mengandalkan metrik tunggal apa pun

Anda mungkin sudah menebak sekarang bahwa tidak ada satu pun metrik yang memberikan gambaran lengkap tentang upaya pengoptimalan pendapatan Anda. Pada saat yang sama, setiap metrik mengatakan sesuatu tentang inventaris Anda.

RPM tayangan dapat membantu Anda memahami pendapatan yang dihasilkan dari setiap tayangan, mengungkap peluang untuk mengoptimalkan hasil tingkat tayangan, tetapi tidak menjelaskan apa pun tentang rasio pengisian.

RPM Permintaan Iklan dapat membantu Anda dengan cepat mengidentifikasi masalah teknis apa pun dengan penayangan iklan atau penurunan rasio pengisian yang tiba-tiba, tetapi tidak dapat menjelaskan apa pun yang berarti tentang hasil tingkat halaman.

RPM Halaman membantu Anda menghubungkan tampilan halaman dengan pendapatan, dan melampaui kecerdasan yang dapat Anda peroleh dari metrik tingkat unit iklan, namun, ini tidak mengukur dampak UX pada pendapatan.

Terakhir, RPM Sesi membantu Anda menghubungkan pendapatan dengan pengunjung individual dan memungkinkan Anda melihat dampak dari semua perubahan yang dibuat pada tumpukan permintaan, tata letak halaman, dan penempatan iklan Anda. Namun, Anda tidak dapat hanya mengandalkan RPM Sesi untuk pemantauan harian, karena mungkin tidak memberikan tanda peringatan yang Anda perlukan untuk mengidentifikasi dan memperbaiki masalah sebelum menjadi masalah yang lebih besar.

Jawabannya terletak pada mengetahui semua metrik pendapatan tingkat unit iklan dan tingkat halaman, apa artinya, untuk apa Anda dapat menggunakannya, dan yang terpenting, batasannya.

No comments:

Post a Comment