Cara merubah huruf besar dan kecil pada excel

Yang perlu anda ingat bahwa dalam merubah huruf atau cange case di excel ada tiga rumus yang perlu anda ketahui dan bisa anda aplikasikan, yaitu:
merubah huruf besar menjadi kecil 2.png
  1. Lower : rumus atau fungsi ini berguna untuk merubah semua huruf capital yang ada pada teks menjadi huruf kecil semuanya. contoh : syifa, ana, sindi, sintia, reni, anjani
  2. Upper : fungsi ini berguna untuk merubah semua huruf kecil yang ada pada teks menjadi huruf besar (capital) semua. contoh : SYIFA, ANA, SINDI, SINTIA, RENI, ANJANI
  3. Proper : rumus ini berguna untuk merubah atau membuat huruf pertama pada kata menjadi huruf besar (capital) sedangkan huruf lainnya menjadi huruf kecil. Contoh : Syifa, Ana, Sindi, Sintia, Reni, Anjani
Untuk mengetahui langkah-langkah merubah huruf besar menjadi kecil atau sebaliknya pada microsoft excel, baca sampai selesai artikel ini ya.
merubah huruf besar menjadi kecil
  1. Ketik data anda pada excel pada cell A1.
  2. Kemudian letakkan krusor pada cell B1, ketikkan rumus =proper(a1)
  3. Kemudian pilih range B1:B6 (pilihan ini disesuaikan dengan panjang data yang anda miliki). Lalu, pada Home Tab, editing group, klik Fill, lalu pilih down. Atau anda bisa meletakkan krusor anda pada cell B1 sampai muncul tanda  yang tebal kemudian drug krusor sampai ke data paling akhir.
  4. Setelah itu, hasilnya akan meuncul seperti contoh pada gambar di bawah ini.
  5. Untuk menempatkan data yang sudah di Proper maka Copy (CTRL + C) cell yanga da di B1 hingga B6 kemudian letakkan krusor pada cell A1, kemudian tekan paste atau CTRL + V.
  6. Kemudian hapus data yang ada di kolom B karena sudah tidak digunakan lagi.
Itu merupakan cara yang digunakan untuk membuat huruf pada awal kata menjadi besar, jika anda ingin menerapkan yang lower dan upper maka caranya sama, anda hanya perlu mengganti rumusnya saja. Untuk lower rumusnya adalah =lower(a1) dan untuk upper rumusnya adalah =upper(a1).

No comments:

Post a Comment