Menghilangkan spasi pada awal dan akhir text pada cell excel

Seringkali saat kita melakukan copy dari data word atau test dari notepad dan paste ke Excel
ataupun saat menggunakan import data from text(csv to excel) kita mendapati text diawali dengan spasi atau di akhiri dengan spasi.

Mungkin hal ini adalah hal kecil yang tidak terlalu mengganggu user untuk melakukan olah data pada excel. tetapi akan menjadi masalah saat user akan menggunakan fungsi seperti lookup, exact, vlookup. dimana pembandingan data tidak dapat dilakukan karena adanya perbedaan spasi.
berikut cara mengatasi nya

Excel formula: Remove leading and trailing spaces from text

Generic formula 
=TRIM(text)
Penjelasan 
untuk menghilangkan spasi pada awal dan akhir text, anda dapat menggunakan fungsi Trim. dimana fungsiini akan mencari spasi pada awal dan akhir text dan menghilangkannya, menyisakan text yang kita butuhkan.
seperti contoh pada gambar,formula pada kolom C3 adalah:

=TRIM(B3)

TRIM dengan CLEAN

jika anda juga ingin menghilangkan karakter line breaks pada cells, anda dapat menambahkan fungsi CLEAN seperti berikut:

=TRIM(CLEAN(text))
Fungsi CLEAN akan menghapus karatker-karakter yang tidak perlu atau yang tidak ingin kita cetak seperti line breaks, dan akan menyisakan "cleaned" text. 

Masalah dengan karakter lainnya

Fungsi Clean tersebut tidak benar-benar bisa menghilangkan semua karakter karakter yang tidak kita butuhkan, seperti karakter-karakter khusus lainnya. dengan menambahkan fungsi SUBSTITUTE pada formula, anda dapat menghilangkan karakter spesifik. seperti contoh, menghilangkan non-breaking space:
=TRIM(CLEAN(SUBSTITUTE(B1,CHAR(160)," ")))
Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment